5 permasalahan mesin fotocopy dan cara kerja
Doc. Google.com - Mesin fotocopy

5 permasalahan mesin fotocopy dan cara kerja

Cara kerja mesin Fotocopy – di zaman yang modern ini, beberapa teknologi yang masih kita belum ketahui bagaimana sejarahnya dan cara kerjanya, seperti pada mesin fotocopy ini.

Dari sekian banyak pembahasan, kali ini kita akan membahas alat bantu dalam dunia percetakan.

Mesin fotocopy pada umumnya memiliki Drum besar yang berputar untuk di jadikan sebagai mesin bergulir yang cepat.

Memiliki warna ataupun hanya hitam putih, mesin fotokopi ini tentu memiliki sistem dan cara kerja yang sama diantara mesin fotocopy yang lainya.

Tidak hanya mesin fotocopy yang menggunakan sistem Drum, beberapa mesin percetakan lainya juga memiliki hal serupa seperti printer offset yang bekerja sangat cepat.

Penggunaan drum yang berputar ini, lebih menunjukan kepada percepatan yang bisa di hasilkan oleh sebuah mesin percetakan ini, dari sebuah drum yang berputar, pekerjaan yang bisa memakan waktu yang lebih lama, bisa di kerjakan bersamaan dengan berulang ulang dan memangkas waktu yang cepat.

Cara kerja mesin fotocopy – Drum utama

Pada dasarnya adalah, drum yang berputar dan memiliki sektor-sektor pekerjaan yang akan di selesaikan pada sektor-sektor lainya.

struktur kerja mesin fotocopy
Doc. Encarta – struktur Mesin fotocopy
  • Sektor Pertama
  • Drum akan di berikan sebuah muatan listrik statis dari laser Primary.
  • Gambar yang akan di copy akan di scan oleh CCD dan kemudian di lanjutkan ke laser untuk membuat suatu gambar yang terdiri dari muatan yang telah di ubah.
  • Setelah Laser menerima data laser yang siap, Laser akan mempaparkan sinar Lasernya ke drum untuk membuat bayangan semu.
  • Pengontrol muatan akan menetralkan muatan berlebih pada permukaan drum, sehingga tinta tonner nantinya rapih dan jernih.
  • Sektor Kedua
  • Suply tinta tonner ke Drum, proses ini terjadi karena perbedaan muatan negatif positif yang telah di beri bayangan semu pada drum tersebut, sehingga tinta tonner menyerupai bayangan semu.
  • Setelah tinta tonner telah tersuply pada drum, akan ada proses perenggangan pada tinta tonner, agar proses transfer tinta tonner berjalan sempurna.
  • Drum mentransfer tinta tonner ke kertas.
  • Setelah proses trasnfer tinta, terjadi proses pelepasan kertas dari drum agar kertas tidak terbawa berputar dengan rotasi drum.
  • Proses terakhir adalah fixing process untuk menyatukan antara tinta tonner dengan kertas, dengan proses pressing antara tinta tonner dengan kertas yang juga di beri suhu tinggi agar sempurna dalam proses penyatuanya.

Sumber : sistem kerja mesin fotocopy

Seperti itulah kurang lebih cara kerja mesin fotocopy yang sering kita gunakan.

Permasalahan Pada mesin fotocopy

Banyak daripada permasalahan-permasalahan yang bisa di sebabkan dari proses-proses pencetakan dalam drum yang berputar.

Inilah beberapa error atau permasalahan yang sering timbul dari mesin fotocopy.

Kertas Macet

Cara Kerja Mesin fotocopy
Doc. Google.com – Kertas Kusut

Kertas macet merupakan kesalahan mesin fotokopi yang paling umum ditemukan, alasan terjadinya bervariasi dari ukuran kertas yang salah atau pemuatan kertas biasa yang tidak tepat, masalah ini bisa membuat mesin fotokopi menarik kertas menjadi salah, dan menghambat cetakan Anda.

Baca juga : Kertas A4 dan Kertas Folio

Cara memperbaiki masalah ini kamu harus mengambil kertas yang macet secara manual dan memuat ulang ukuran kertas yang sesuai atau memperbaiki keselarasan kertas.

Selain itu, debu kertas juga berpengaruh, karena dapat menyebabkan penyumbatan mesin dan menyebabkan kertas macet, cara untuk menghindari masalah ini adalah dengan membersihkan feedroll atau karet penariknya secara berkala dari waktu ke waktu, sebagai perawatan agar debu debu hilang di dalam mesin fotokopi.

Tinta mulai memudar

Masalah yang ke-2 ini merupakan kesalahan mesin fotocopy yang paling umum selanjutnya, alasan penyebabnya juga bervariasi.

Biasanya permasalahan seperti ini di karenakan tinta toner yang sudah mulai habis atau kurang, beberapa permasalahan yang serupa juga bisa terjadi.

Penyebab selanjutnya, mungkin kamu menggunakan tonner yang tidak kompatibel dengan mesin fotocopy, sehingga pekerjaan tugas pada tonner tidak optimal dan tuntas.

Selain itu, jika tinta toner mu masih banyak dan menggunakan tonner yang kompatibel, biasanya permasalahanya bisa muncul pada layar, kamu bisa melihat permasalahanya pada layar mesin fotocopy.

Over Heating

Error ini paling sering terjadi di antara mesin fotocopy, hampir semua mesin fotocopy merek apapun pernah mengalami error ini.

Error ini muncul karena ada masalah pada blok pemanas mesin fotocopy, suhu pemanas mesin yang berlebihan.

Cara menyelesaikanya adalah bongkar pemanas, dan buka Thermistor Mesin (bentuknya bulat menempel di upper pemanas mesin fotocopy) jika masih bagus bersihkan thermistornya.

Biasanya kerak yang menempel bersihkan dengan alcohol atau yang lainnya, namun hati-hati jangan sampai plastik yang menempel pada thermistor mesin sampai sobek. Bersihkan dan pasang lagi, setelan pemanas jangan terlalu kencang. Error ini akan hilang dari mesin fotocopy.

Baca juga : cara print PDF dan Amplop

Garis Membandel

Banyak sekali permasalahan yang terdapat pada mesin fotocopy, dan hal yang paling familiar yang di rasakan oleh para developer percetakan atau toko fotocopy adalah masalah berikut.

Garis, bercak, kotoran, kecacatan dan lainya sering kita temui di semua printer atau mesin fotocopy yang berjalan dengan normal.

Ada beberapa sumber dari permasalaha yang mungkin bisa terjadi pada printer atau mesin fotocopy kamu.

  1. Noda pada kaca scaner pa da mesin fotocopy.
  2. Kegagalan pada scaner membaca master copy.
  3. Kegagalan pada drum atau pengembang.
  4. Blade drum yang rusak bisa menghasilkan garis besar secara vertikal di bawah halaman.
  5. Kotoran tinta yang mengendap pada heading catrige pada printer inkjet.

Solusi dari bebererapa masalah garis atau kecacatan cetak.

  1. Lakukan pembersihan pada kaca scanner dengan membaca panduan pengguna.
  2. Mencoba membersihan dan menonaktifkan beberapa waktu.
  3. Hubungi service centre untuk menanyakan tentang masalah-masalah tersebut.
  4. Lakukan pembersihan terhadap head catrige pada printer inkjet kamu.
  5. Lakukan pengecekan driver update pada driver printer.

Kertas Berkerut

Pada permasalahan seperti ini, biasanya terjadi pada Rol pemanas yang kurang baik, sehingga menyebabkan lengket atau kemacetan pada kertas, kelembapan yang di sebabkan oleh rakitan fusser, juga bisa menyebabkan halaman berkerut.

Hindarilah penggunaan kertas bekas, dan selalu merawat mesin secara berkala.

Mungkin cukup sekian pembahasan kita mengenai mesin fotocopy, jikalau ada kesalahan mohon di maafkan dan jangan lupa tinggalkan komentar kamu.

Terimakasih atas perhatianya.

Wassalam.

Leave a Reply

Close Menu