Jenis-Jenis Kertas Yang paling sering di temui dan nama-namanya
Doc. Google.com - Jenis Jenis Kertas

Jenis-Jenis Kertas Yang paling sering di temui dan nama-namanya

Jenis Kertas – Pada tahun 1799, Nicholas Luis Robert seorang dari Prancis menemukan teknik dan proses pembuatan kertas dalam bentuk lembaran-lembaran tipis wire screen yang beregerak.

Dan kertas di buat maju dengan adanya mesin silinder yang di kembangkan oleh John Dickinson pada tahun 1809, dengan sebutan Fourdrinier.

Itulah sedikit cuplikan sejarah dari perkembangan teknologi di abad ke 18, pada salah satu sektor perkembangan untuk kepemerintahan pada zaman itu.

Jenis-Jenis Kertas

Setelah melewati bertahun-tahun perjalanan, kertas akhirnya menjadi sebuah benda yang sangat di butuhkan.

Banyak sekali jenis-jenis kertas dengan bentuk dan fungsi yang berbeda-beda.

Bukan hanya yang menggunakan untuk keperluan kantor sampai keperluan percetakan, periklanan, dan lain-lain.

Contoh jenis kertas yang sangat familiar seperti  kertas HVS (Houtvrij schrijfpapier) yang berasal dari bahasa Belanda, atau kertas karton yang sering kita jumpai di kedai atau toko fotocopy.

Baca terus sampai akhir ya.

Jenis Jenis Kertas HVS (Houtvrij schijfpapier)

Kertas yang namanya di ambil dari bahasa belanda ini sangatlah populer di kalangan rata-rata semua orang.

Dari mulai yang kerja di kantoran, sekolah, bahkan pemerintahan, sudah sangat familiar dengan jenis kertas yang satu ini.

Dengan bentuk tipis dengan ketebalan bervariasi, antara 70,80,dan 100, juga di setiap ketebalanya memiliki fungsi yang berbeda-beda.

  1. Dengan ketebalan 70gsm, kertas biasanya di gunakan untuk kebutuhan print dokumen biasa, seperti surat pengajuan, surat undangan, dan dokumen dokumen yang lain.
  2. Pada ketebalan 80gsm, fungsi dari ketebalan tersebut biasanya di gunakan untuk kebutuhan standard makalah, skripsi kampus, sampai dengan dokumen kantor yang lebih penting seperti surat pengesahan atau Mou.
  3. Untuk ketebalan pada 100gsm, kertas hvs di gunakan untuk keperluan dokumen yang lebih memprioritaskan kedetilan gambar dan juga kwalitas kertas.

Dari beberapa ketebalan dengan fungsi yang berbeda-beda, kertas HVS juga sering di gunakan untuk membuat poster indoor atau dokumen yang memerlukan kertas yang tipis dan ringan.

HVS juga di bagi bedasarkan ukuran kertasnya, Banyak sekali kode atau ukuran yang sering kita dengar untuk ukuran pada kertas HVS ini.

Dari mulai kode A, B, C, bahkan sampai dengan F, dengan di sandingkanya angka secara berurutan yang lebih mudah di pahami oleh para kaum awam khususnya.

Pada pembahasan ukuran kertas kamu bisa membuka post dari Browncage di postingan sebelumnya.

Pembahasan Ukuran Kertas Pada HVS dan sejarahnya

Kertas Sticker Glossy

Jenis-jenis kertas yang ke dua adalah jenis Stiker Glossy.

Kertas yang di buat untuk di gunakan sebagai stiker ini, juga sering kita temui di beberapa toko fotokopi atau toko buku sekalipun.

Dengan tekstur bahan yang halus dan mengkilap, kertas ini memberikan pengalaman print foto atau gambar yang sangat bagus untuk keperluan membuat stiker atau koleksi foto.

Kertas yang ukurannya hampir sama dengan ukuran HVS ini memudahkan bagi kita, apabila kita ingin membuat sebuah stiker tanpa harus pergi ke toko percetakan atau kedai fotokopi.

Di bagian sisi belakangnya, terdapat stiker yang siap untuk di lepas bagian belakangnya.

Sangat cocok buat kamu yang ingin membuat note kecil, dengan kreasi yang lebih unik.

Kertas Art Carton

Jenis kertas yang satu ini, memiliki tekstur halus di sisi depan atau belakangnya.

Dengan tekstur yang demikian, dan di padukan dengan ketebalan kertas yang di kategorikan kertas dengan ketebalan yang tinggi.

Dengan ketebalan dan ukuran varasi, antara 190, 210, 230, 310, 360, bahkan 400gsm.

Ukuran standar dari percetakan yang bervariasi, memudahkan kita dalam penggunan untuk keperluan-keperluan yang membutuhkan prioritas ketebalan kertas.

Penggunaan kertas Art Carton biasanya di gunakan untuk keperluan Poster, Cover Buku, Cover tabloid, Kalender, atau Packaging produk.

Kertas Dupleks

Kertas ini adalah salah satu kertas yang sering kita jumpai, namun banyak yang masih belum mengetahui nama dari jenis kertas ini.

Kertas Duplex memiliki tekstur bewarna putih halus di sisi depanya dan sisi abu-abu kasar di sisi belakangnya.

Kertas Duplex ternyata sering kita temui untuk keperluan dus nasi kotak, dus martabak, atau keperluan packaging makanan lainya.

Kertas duplex juga punya ketebalan yang bervariasi.

Dengan ketebalan yang hampir sama dengan kertas Art Carton, antara 190, 210, 230, 310, 360, bahkan 400gsm, membuat kertas ini tahan terhadap tumpukan yang bisa di manfaatkan sebagai dus nasi kotak.

Kertas Koran

Kertas yang paling populer dan paling sering kita temui, salah satunya adalah kertas koran.

Kertas yang memiliki tekstur kasar di kedua sisi, dan memiliki warna yang lebih mirip abu-abu, adalah salah satu kertas yang paling ramah lingkungan.

Karena bahan kertas ini di bentuk dari kertas yang di daur ulang, yang bahan bakunya sebagian besar terdiri atas pulp kayu mekanik, sebagian kecil terdiri atas pulp kimia.

Kertas jenis koran ini, memiliki ketebalan yang tipis, membuat kertas koran ini menjadi sering di gunakan untuk kebutuhan surat kabar, tabloid, bahkan kertas pembungkus nasi.

Kertas Linen

Ada jenis kertas yang populer di gunakan untuk keperluan Sertifikat, Piagam, atau penghargaan lainya.

Kertas Linen atau seringkali di sebut sebagai kertas sertifikat, memiliki keunikan tersendiri.

Sala satu keunikan dari kertas ini adalah memiliki tektur kasar yang ber alur, sehingga kertas ini memiliki kesan elegan dan terasa bagus.

Kertas dengan ketebalan antara 220 sampai 250gsm, dengan ukuran standard A3, sering kita temui di tempat percetakan atau kedai fotokopi dengan harga 5.000 sampai 10.000 rupiah per lembar.

Kertas Origami

Kertas yang pasti ada di kedai fotokopi atau toko buku, yakni adalah kertas Origami.

Kertas yang sangat populer di kalangan anak-anak karena keunikanya, untuk di jadikan kerajinan tangan atau media kreatifitas lainya.

Seni kertas origami yang di populerkan di jepang, memiliki sejarah dan kisahnya sendiri.

Awal mulanya adalah kedatangan seorang biksu dari Tiongkok di abad ke 6 M yang membawanya.

Catatan sejarah mengatakan bahwa, dulunya, origami merupakan sebuah simbol yang religius.

Maka dari itu Jepang tidak bisa lepas dari kegiatan seni melipat kertas ini.

Di Jepang, dalam tradisi shinto, kertas berbentuk segi empat dipotong dan dilipat menyerupai lambang simbolik Dewata yang kemudian digantung di Kota Jingu (Kuil Agung Imperial), Ise, sebagai persembahan.

Stiker Vinyl

Media Percetakan tidaklah lepas dari segala bentuk dan bahan dari kertas.

Tempat percetakan pasti menyediakan banyak jenis-jenis bahan yang akan di gunakan oleh si custumer.

Ada bahan yang sering di gunakan untuk keperluan stiker, salahsatunya adalah stiker Vinyl.

Bahan ini memiliki tekstur sisi depan mengkilap dengan bahan alih-alih plastik, dan di sisi stikernya di tutup dengan bahan kertas, sehingga bahan ini tahan terhadap air dan cuaca.

Dengan bahan seperti ini, bahan ini di kategorikan menjadi bahan outdoor yang bisa di gunakan di luar ruangan.

Dari bahan yang khusus tentu menggunakan tinta yang di khususkan juga, sehingga membuat hasil dari bahan ini menjadi optimal dan memuaskan.

Jenis Kertas Karton Asturo

Kertas yang selalu di sediakan di kedai fotocopy atau toko buku ini, sangatlah sering di cari.

Banyak fungsi dan kegunaannya untuk kantor, ataupun tugas sekolah yang harus menggunakan jenis kertas ini.

Karton Asturo yang memiliki 2 sisi yang berbeda, sisi pertama yang memiliki warna biru, merah, dll, dan di sisi ke dua bewarna putih.

Kertas ini juga sering di gunakan untuk keperluan penjilidan, dan di tambah dengan plastik poly agar kertas terlindungi dari basahan air.

Terimakasih atas perhatianya, mudah mudahan artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu dan kita semua.

Wassalam.

Leave a Reply

Close Menu