Manfaat, Hukum dan efek samping Ganja untuk penggunaan pribadi
Doc. Pexels

Manfaat, Hukum dan efek samping Ganja untuk penggunaan pribadi

Manfaat Ganja – Dalam dunia medis penggunaan narkotika sering digunakan pasien pada pasien dalam dosis yang kecil dan masih terkendali.

Selama ini ganja menjadi reputasi yang buruk dikalangan masyarakat, terutama dalam masalah kesehatan.

Ketika penggunaannya tidak tepat dan tidak sesuai dengan takaran atau sembarangan maka dapat menyembabkan banyak masalah dalam kesehatan.

Manfaat dan Negatif penggunaan Ganja

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa Narkotika merupakan obat-obatan yang dilarang oleh pemerintah Indonesia kecuali digunakan sebagai bahan penelitian dan mendapatkan rekomendasi dari doketer.

Selain itu narkotika jenis ini dapat membuat candu bagi penggunanya.

Efek negatif dari penggunaan narkotika adalah pengguna akan menjadi malas dan otak akan lambat dalam berpikir.

Namun peredaran narkoba sering terjadi dewasa ini, banyak terjadi dikalangan anak-anak yang berusia dibawah umur.

Ganja yang di larang pemerintah

Dalam penegakkan hukum tindak pidana narkotika pada anak tidak ada Undang-Undang yang mengatur dalam penegakannya.

Semua pengguna dari semua kalangan baik anak-anak sampai kalangan dewasa dalam penegakan hukum tidak ada yang membedakan.

Dikalangan anak-anak sendiri yang sering beredar adalah obat dimonik, biasanya digunakan sebagai obat penenang.

Dewasa ini banyak terjadi kasus bahwa maraknya peredaran dan penjualan narkotika jenis ganja itu sendiri.

Dilihat dalam sisi hukum segala yang berada dalam tanaman ganja itu terlarang, berdasarkan kententuan Pasal 35 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika disebutkan :

“Tanaman ganja, semua tanaman genus genus cannabis dan semua bagian dari tanaman termasuk biji, jerami, hasil olahan tanaman ganja atau bagian tanaman ganja termasuk damar ganja dan hasis.”

Disebutkan juga dalam di dalam Undang-Undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika bahwa ganja termasuk dalam kategori narkoba golongan I.

Baca juga : Pengertian kertas Folio dan F4

Manfaat Ganja Untuk Kesehatan

Tetapi ada yang tahu gak sih manfaat dari tanaman itu sendiri bagi kesehatan?

Yuk langsung ajah kita lihat manfaat ganja berikut ini :

  • Alzheimer ganja diketahui bisa memperlambat penyakit alzheimer yang menyerang otak. Hasil ini berdasarkan penelitian oleh Scripps Research Institute telah diterbitkan dalam jurnal Molecular Pharmaceutics.
  • Kecemasan efek yang bisa membantu menenangkan kecemasan seseorang. Ketika penggunaan ini sesuai dengan dosisnya tentu ganja dapat menenengkan kecemasan. Apabila penggunaan tidak sesuai dengan takaran maka tentu saja dapat membuat kecemasan seseorang meningkat dan pikiran paranoid.
  • Arthritis diketahui ganja dapat meredakan rasa sakit dan nyeri, serta peradangan yang terkait dengan penyakit arthritis. Arthritis adalah penyakit peradangan pada sendi, dan dapat mempengaruhi beberapa sendi.
  • Epilepsi dalam sebuah penelitian di Virginia Commonwealth University, peneliti menemukan bahwa ganja bisa digunakan untuk menghentikan serangan epilipsi. Tetapi dalam penelitian ini baru dilakukan pada hewan dan belum diujicobakan pada manusia. Penyakit epilipsi atau ayan adalah kondisi seseorang mengalami kejang-kejang yang secara berulang.
  • Kanker peneliti menumkan bahwa zat cannabidiol yang terdapat dalam ganja bisa ‘mematikan’ gen bernama “Id-1” yang digunakan sel kanker untuk menyebar ke seluruh tubuh.
  • Glaucoma peneliti daat ini sendang mengembangkan obat baru dengan bahan dasar ganja untuk glaucoma. Glaucoma merupakan kondisi kerusakan mata yang ditandai dengan kerusakan saraf mata yang dikaitkan dengan tekanan pada bola mata dan gangguan dalam penglihatan yang lebih lapang.
  • Paru-paru dalam khalayak ramai bahwa ganja dapat menurunkan kapasitas dan kemampuan paru-paru. Penelitian dalam jurnal or the Amarican Medical Association menemukan bahwa ganja dapat meningkatkan kapasitas paru-paru.

Ganja yang di haramkan Agama

Agama yang di jadikan faktor untuk mengkaji, yang bisa membuat kerusakan pada pertumbuhan masyarakat.

Pelarangan penggunaan ganja untuk pribadi juga di motori dengan adanya dampak yang buruk dari si pengguna.

Dari mulai kelakuan, fikiran, mental, dan juga akal.

Islam melarang penggunaan barang dan zat yang bisa merusak tubuh dan kehidupa manusia.

Banyak yang menjadi pertimbangan dari sebuah hukum yang akan di tegakkan.

Walaupun penggunaan ganja pada medis menjadi sebuah zat yang penting di gunakan.

Agama islam juga melarang penggunaan ganja secara berlebihan untuk melindungi dari kerusakan yang bisa di akibatkan dari zat tersebut.

Dan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu“. (QS. An Nisaa: 29).

Dari ayat ini kita bisa mudah memahami, haram hukumnya melakukan sesuatu hal yang bisa membuat diri kita terancam terbunuh.

Maka dari itu mari kita sama-sama mengingatkan dan membangun masyarakat dan keluarga kita, agar terhindar dari ancaman narkoba.

Terimakasih atas perhatianya, mudah-mudahan bisa bermanfaat buat kamu dan kita semua.

Mohon maaf apabila terjadi kesalahan dalam menulis atau pengertianya.

Wassalam

Sumber : Pemanfaatan Ganja

Leave a Reply

Close Menu